Berobat Cukup Bayar Rp1.000 dan Membawa Sampah

Kamis, 8 Juli 2010 12:20 WIB

Metrotvnews.com, Malang: Di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok, pendidikan dan kesehatan yang mencekik warga, harapan baru muncul dari Kota Malang, Jawa Timur. Di Kota Apel itu kini berdiri Klinik Mawar Husada binaan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Klinik itu melayani warga yang berobat hanya dengan membayar Rp1.000 dan menyetor sampah rumah tangga.

Di Klinik Mawar Husada, setiap warga yang hendak berobat, hanya diwajibkan melakukan registrasi anggota dan membayar iuran Rp1.000 per-kepala keluarga. Mereka juga diminta kesediaannya untuk mengumpulkan sampah, baik organik maupun non-organik.

Keberadaan klinik itu disambut baik warga sekitar. Warga yang sakit pun berdatangan diantar keluarga. Mereka di antaranya sambil membawa botol-botol bekas air mineral. Ada juga yang membawa tumpukan koran bekas.

Barang bekas tak berguna, yang bagi warga merupakan sampah itu, lalu disetorkan di klinik berukuran 3 X 3 meter persegi. Botol dan koran bekas itu dijadikan alat bayar warga untuk berobat.

Klinik Mawar Husada merupakan salah satu program percontohan Jaminan Sehat Mandiri (Jasri) Fakultas Kedokteran Unbraw Malang. Menurut Doffi, mahasiswa Kedokteran Unbraw, klinik itu memang didirikan untuk meringankan beban masyarakat yang hendak berobat tapi terkendala biaya. Selain itu sebagai program kebersihan.


http://www.metrotvnews.com/mobile-site/video-detail.php?read=108692&tgl=2010-07-08

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pastikan..! yang Kau Tanam Adalah Kebaikan

Biar Allah yang Selesaikan Masalahnya

Fatma Qianna Althafunnisa