Jumat, 07 September 2012

Presiden yang Hafal Quran

Judul               : Dr. Mursi Presiden yang Hafal Quran
Penulis            : Hepi Andi Bastoni dkk
Penerbit          : Pustaka al-Bustan
Cetakan          : Pertama, Juli 2012
Halaman          : 216 halaman
Ukuran            : 13 x 17 cm
Harga              : Rp.65000,-
Pengantar Penulis

Revolusi Mesir, 25 Januari 2011, turut mengubah nasib seorang pria sederhana, Muhammad Mursi. Komisi Pemilihan Umum Mesir pada Ahad (24/6), menetapkannya sebagai presiden pertama negeri piramida itu pasca-revolusi. Padahal, awal tahun lalu, tepatnya 28 Januari 2011, ia masih menjadi tahanan yang mendekam di sebuah penjara dekat Kairo.

Muhammad Mursi lahir pada 20 Agustus 1951 di Desa al-Adawa, Provinsi asy- Syarqiya, Mesir bagian timur, dari keluarga sangat sederhana. Ayahnya hanyalah seorang petani dan ibunya sebagai ibu rumah tangga.

Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan di kampung halamannya hingga tingkat SMA, Mursi mendapat gelar insinyur dari Universitas Kairo dengan nilai istimewa pada tahun 1975. Kemudian dia meraih gelar master di bidang teknik dari universitas yang sama. Pendidikan doktor ditempuhnya di University of Southern California, yang diselesaikannya pada tahun 1982.

Selanjutnya Mursi menjadi asisten profesor pada California State University di Northridge, California, antara tahun 1982 dan 1985. Pada masa itu pula, Mursi sempat bekerja di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Setelah itu, Mursi pulang ke Mesir dan menjadi dosen teknik pada Universitas Zagaziq hingga tahun 2010. Di universitas tersebut, Mursi meraih gelar profesor.

Dari istrinya, Nalja Ali, Mursi dikaruniai lima anak dan tiga cucu. Dua putranya, Ahmad dan Usama, sempat ditangkap saat revolusi tahun lalu. Ahmad, putra sulung Mursi, juga pernah ditahan sebanyak tiga kali antara tahun 2000 dan 2005 meskipun Mursi saat itu menjadi anggota parlemen.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...