Senin, 24 Oktober 2011

UTS IMK no.2 .. Analisis antarmuka pencarian (SERP)


a.       Kaidah Search Usability
pencarian adalah salah satu elemen user interface dalam yang paling penting situs web besar. Sebagai aturan praktis, situs dengan lebih dari sekitar 200 halaman harus menawarkan pencarian. Secara umum kaidah sebuah mesin pencari dalam web meliputi : tombol pencarian pada setiap halaman ; pencarian global umum lebih baik daripada pencarian yang dibatasi; “query Boolean” atau penelusuran lanjutan harus diturunkan ke halaman sekunder "penelusuran lanjutan" (Nielsen, 1997)

b.      Analisis kesalahan (Analisis pada situs http://www.dpr.go. id)
§  Saya menemukan satu kategori yang tidak jelas pada search engine ini yakni “lain-lain”, apakah ini sama dengan semua..?
§  Jika kita perhatikan pewarnaan(penanda) yang dimaksudkan untuk meunjukkan posisi kata yang kita cari pada mesin pencari ini ternyata kurang tepat dengan kata yang sesungguhnya kita masukkan kepada mesin pecari tersebut..! 


     terlihat ada sedikit pergeseran antara tenda yang diberikan terhadap kata yang sebenarnya  kita cari. Tampilan diatas adalah beberapa hasil pencarian yang keluar ketika di masukkan kata “dpr”.
 
       hal tersebut ternyata juga terjadi ketika dimasukkan kata “parlemen” pada pencarian




§  Secara umum situs ini sudah baik dalam menampilkan mesin pencarinya dengan menampilkan teksbox di bagian kanan atas yang disandingkan dengan tombol pencarian yang berbentuk kotak(menyerupai tombol). Kemudian pada halaman pencarian baru muncul pilihan kategori. Kemudian pencarian yang dimasukkan pun tampil kembali dengan baik pada teksbox di halaman hasil pencarian.kesalahannya tejadi pada ukuran teksbox pencarian yang serupa dengan teksbox pada kanan atas yang menunjukkan penyulitan untuk pencarian dengan kata kunci yang cukup panjang.

c.       Referensi.
Nielsen J. 1997. search and you may find. http://www.useit.com/alertbox/ 9707b.html. diakses 24 Oktober 2011

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...