UTS IMK no.1 ...Top 10 Mistakes in Web Design


1.      Top 10 Mistakes in Web Design
(http://www.useit.com/alertbox/9605.html)
a.       Pencarian yang buruk
b.      Membaca online file PDF
c.       Tidak mengubah warna link yang telah dikunjung
d.      Teks yang sulit di scaning
e.       Ukuran font yang tetap
f.       Judul halaman yang sulit terdeteksi mesin pencari
g.      Tampilan seperti iklan
h.      Desain yang tidak lazim
i.        Membuka jendela baru
j.        Tidak mampu menjawa prtanyaan.
Contoh :
§     1. Pada banyak situs kita menemukan beberrapa mesin pencari yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan,  beberapa memberikan fasilitas pencarian di dalam maupun luar situs pada satu teksbox yang sama. Hal ini tentunya membingungkan user yang biasanya hanya ingin mencari pada halaman web yang bersangkutan. Atau banyak lagi bentuk pencarian yang tidak diharapkan oleh pengguna, contoh penarianpada situs http://www.ugm.ac.id yang merubah tampilan sepenuhnya, sehingga pengguna merasa keluar dari situs. Atau pada blog http://warsa.wordpress.com yang tidak menandai kata kunci pencarian yang dimasukkan(hanya menampilkan judul tulisan)

§        2. Pada situs www.dpr.go.id banyak dokumen seperti undang undang yang ditampilkan dalam bentuk file .pdf, menurut referensi diatas (10 kesalahan dalam web design) hal tersebutt termasuk kesalahan yang diurutkan nomer dua. Namun perancang situs ini berupaya menyasati agar fungsi-fungsi browsing yang diharapkan pengunjung dapat tetap dilakukan dengan membatasi ruang baca pada file pdf tersebut. hal tersebut menarik karena menyediakan sarana bagi penggyna untuk tetap melakukan browsing pada halaman web terkait dengan tetap menampilkan file dalam format pdf. Tipe-tipe serupa juga kita jumpai pada eberapa sitis yang menampilkan dokomen secara online, seperti www.scribd.com , dan beberapa situs lainnya. 


        Namun penyiasatan seperti ini jarang ditemui pada situs-situs lain pada umumnya. Salah satu penampilan file pdf yang terlihat buruk pada penampilan dokumen berikut http://www.muamalatbank.com/assets/pdf/lain-lain/Info_Perubahan_Fitur_Produk.pdf , pada kasus tersebut user benar-benar hanya mampu mebaca dokumen terkait tanpa mampu melakukan browsing kembali kehalaman web.n meski demikian ada baiknya tetap menghindari semua bentuk penampilan pembacaan online dalam bentuk pdf, kecuali memang bertujuan downloading.

§       3. tidak dirubahnya warna link pada http://www.ugm.ac.id menyulitkan kita mengetahui berada pada halaman apa dan link mana yang sudah dikunjungi sebelumnya

§   4. teks yang sulit di scan umumnya tampil pada situs-situs berita seperti www.eramuslim.com, www.kompas.com, www.republika.or.id, yang pada penusan beritanya cenderung berupa teks yang serupa dalam beberapa alinea tanpa diberikan penekanan pada kasus-kasus tertentu. Meski demikian biasanya terdapat tampilan yang lebih enak di baca pada tulisan-tulisan yang tidak menyangkut berita utama semisal analisis, editorial, dan lainnya yang diolah lebih baik. Maka pada umumnya user atau pembaca berita hanya melihat judul berita, kemudian membacanya hanya pada berita yang menurut merrka menarik. Hal yang sangat buruk terlihat pada penampilan teks yang panjang pada bolg http://sanggartintacahaya.blogspot.com. Terutama pada tulisan “Mengkristalkan Budaya Pengetahuan untuk Kecemerlangan Indonesiaku

§        5. ukuran font tetap juga terjadi pada tulisan tersebut diatas sehingga mnyulitkan pembaca ketika ingin melakukan scaning terhadap tulisan tersebut.

§         6. tapilan seperti iklann tampak pada header http://www.eramuslim.com/ membingunkan, user akan cenderung menggunakan salah satu dari navigasi yang ada (yang terletak diatas atau di bawah tulisan Eramuslim)


§      7. selanjutnya judul halman yang sulit dideteksi mesin pencari, situs yang tidak memberikan jawaban, membuka jendela baru dan desain yang tidak umum banya didapati pada situs-situs atau blg pribadi yang umumnya tidak menganalisis penggunaan secara luas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pastikan..! yang Kau Tanam Adalah Kebaikan

Biar Allah yang Selesaikan Masalahnya

Fatma Qianna Althafunnisa