Senin, 19 September 2011

Festival Imuan Muslim (FIM) Nasional 2011


Kegiatan ini merupakan sarana untuk menampung semua aspirasi mahasiswa terkait dengan teknologi yang berkembang berlandaskan keislaman serta sebagai wadah yang dapat menampung karya – karya terbaik mahasiswa muslim di Indonesia.
Rangkaian acara FIM (Fetival Ilmuwan Muslim) terdiri dari:
A. Perlombaan

1. LKTIA (Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an)


LKTIA merupakan lomba karya tulis ilmiah Al-Qur’an sebagai sarana untuk menampung kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam bentuk karya tulis. Lomba LKTIA ini bertemakan “Science and Technology”. Lomba ini juga dapat mengasah dan mengembangkan ide mahasiswa terhadap teknologi keilmuwan islam.

2. Fotografi


Lomba fotografi berfungsi sebagai sarana mahasiswa untuk memvisualisasikan fenomena alam yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lomba ini bertemakan “science in my perspective”.

3. Film Dokumenter


Tema dari perlombaan ini adalah The Glory of Two Era’s Science, Lead The Way to the Future dengan tujuan untuk mengapresiasikan para ilmuwan muslim yang telah berjasa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi melalui film dokumenter sehingga dapat mendokumentasikan kisah inspiratif ilmuwan muslim tersebut.
B. Bazar Ilmuwan Muslim

Bazar Ilmuwan Muslim terdiri dari stand buku-buku ilmuwan muslim umumnya serta stand sponsorship lain khususnya. Bazar ini bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya membaca di kalangan mahasiswa serta sebagai bentuk kerjasama dengan penerbit buku yang ada. Serta sebagai wadah penyedia buku teknologi bagi para mahasiswa. Tema dari bazaar ini adalah “The miracle of book for a muslim scientist”.
C. Festival

Kegiatan festival merupakan kegiatan outdoor yang terdiri dari stand peserta dan stand sponsorship. Kegiatan outdoor ini merupakan sarana untuk menampilkan karya–karya inovasi mahasiswa Indonesia, serta sebagai sarana saling berbagi keterkinian ilmu sains dan teknologi di masing-masing universitas dalam bentuk perlombaan. Dimana masing-masing peserta akan menjelaskan seluk beluk dari karyanya tersebut (mulai dari fungsi, cara kerja, proses pembuatan dan output). Dan akan ada juri yang mengkomentari dan menilainya. Di samping itu juga ada hiburan yang seru dan menarik serta ada promosi dari pihak sponsorship.
D. Seminar Nasional

Seminar nasional yang bertema “dare to be a muslim hero: rising an islam empire and Indonesia” merupakan puncak acara Festival Ilmuwan Muslim Nasional 2011. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam kefahaman mahasiswa sebagai intelektual muda untuk berkarya dan menanamkan semangat mencapai peradaban islam yang gemilang.  Keynote Speaker seminar ini akan dibawakan oleh  Bapak Ing. B. J. Habibie. Serta pembicara dari seminar ini terdiri dari 3 pembicara dan dari 3 elemen yang berbeda, yaitu dari elemen akademisi, praktisi, dan government. Prof. Kudang B. S. dari elemen akademisi yang merupakan dosen Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Arief Budi Witarto, PhD dari elemen praktisi merupakan Peneliti Terbaik 2011 dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Prof. Dr. Fasli Djalal dari elemen government yang merupakan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.


2 comments:

faizulfikri mengatakan...

LKTIA nya kapan nih?!

ahmad yasin mengatakan...

coba di buka aja webnya akh... InsyaAllah semua info dari sana...
atau hubungi temen ane ja yang ngecreate acaranya (Fajar)085715855116

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...